Tuesday, June 19, 2012

Trik Google Adsense (2)

PROSES CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE
Kalau anda sudah merasa situs/blog anda memenuhi standar persyaratan di atas, silahkan mencoba mendaftar Adsense dengan mengikuti langkah praktis berikut:

1. Masuk/login ke akun email Gmail anda. Kalau belum punya email Gmail, buat dulu, lihat panduannya di sini!
2. Kunjungi google.com/adsense
2. Isi formulir
3. Ikuti proses selanjutnya.

Setelah itu, periksa email Gmail anda. Anda akan mendapat info dari tim Adsense tentang apakah anda diterima atau ditolak untuk menjadi Adsense publisher.

Kalau Anda diterima, maka Anda akan melewati dua kali proses.

Pertama, Anda akan diterima sementara. Anda sudah dapat mengakses akun Adsense di google.com/adsense. Dan dapat mengambil kode iklan untuk dipasang di blog/situs. Saat masuk admin Adsense, akan ada peringatan warna merah bahwa akun Adsense Anda masih dalam review (penilaian) tim Adsense. Dalam proses review ini, kode Adsense yang dipasang di blog tidak akan menampilkan iklan.

Kedua, setelah 3 atau 4 hari, akan ada keputusan dari tim Adsense apakah Anda diterima secara penuh di Adsense. Kalau iya, maka (a) kode yang dipasang di blog kita akan memunculkan iklan; (b) terkadang ada email dari Adsense memberitahu bahwa akun Adsense kita sudah diterima secara penuh. Tapi yang sering terjadi tidak ada pemberitahuan. (c) Dalam admin Adsense kita tidak ada lagi peringatan warna merah bahwa akun kita dalam proses review.

Kalau kita ditolak Adsense, maka pada hari ketiga atau keempat setelah daftar, akan ada email memberitahukan penolakan tersebut.


SETELAH DITERIMA/APPROVE ADSENSE

Kalau Anda menerima surat elektronik (email) Selamat Datang dari Google Adsense yang menyatakan bahwa Anda diterima sebagai publisher/penayang iklan Adsense, maka langkah selanjutnya adalah mudah. Anda tinggal masuk ke google.com/adsnse dan mengambil kode iklan Adsense untuk dipasang di situs mana saja yang Anda kelola.

Penting: Pastikan, bahwa situs yang dipasangi iklan Adsense harus ada halaman Privacy Policy-nya.


LARANGAN ADSENSE TERPENTING

Berikut sejumlah larangan Adsense yang paling penting yang kalau Anda langgar akan berakibat akun Anda ditutup (banned) dan tidak akan lagi bisa mendaftar Adsense dengan akun email, nama dan alamat yang sama.

1. Jangan mengklik sendiri iklan yang ada di blog Anda.
2. Jangan menyuruh orang lain untuk mengklik iklan di blog Anda.
3. Jangan biarkan orang yang satu IP (internet protocol) dengan Anda mengklik iklan di blog Anda.
4. Jangan menaruh kode iklan Adsense di blog atau website yang di-banned atau di de-index oleh Google Search.
5. Jangan membuat kata-kata yang menganjurkan pengunjung blog untuk mengklik iklan Adsense di blog Anda.
6. Untuk Adsense for Feeds tidak boleh memakai feedburner lebih dari satu untuk satu situs/blog.
7. Jangan menaruh iklan Adsense dalam bentuk pop-up.


PEMBAYARAN ADSENSE

Inilah saat yang paling ditunggu-tunggu: gaji bulanan dari Adsense. Hasil kerja keras seorang online publisher. Walaupun mungkin itu bukan tujuan utama bagi sebagian (kecil) blogger.


WAKTU PEMBAYARAN ADSENSE

Komisi dari Adsense akan dibayar begitu penghasilan dari AdSense sudah mencapa ambang minimal yaitu USD 100 (seratus dolar). Dengan sistem 30 net payment. Artinya, dibayar setelah 30 hari. Misalnya, mencapai USD 100 pada akhir bulan Januari. Maka, uang itu akan dikirim ke kita pada akhir bulan Februari.


METODE PEMBAYARAN ADSENSE

Metode pembayaran melalui salah satu dari tiga cara. Yaitu, (a) transfer elektronik atau EFT (electronic fund transfer; (b) Western Union; dan (c) Cek. Untuk Indonesia, tersedia pengiriman uang melalui Western Union (WU) yang sama cepatnya dengan metode EFT.


CARA VERIFIKASI PIN ADSENSE

Apabila penghasilan pertama dari Adsense sudah hampir mencapai USD 100 (seratus dolar), maka Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi akun. Yaitu, dengan memasukkan nomor kode rahasia atau Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) ke admin akun Adsense Anda.

Nomor rahasia tersebut akan dikirim oleh tim Adsense dengan salah satu dari dua cara: (a) Dengan melalui kantor pos ke alamat Anda; (b) melalui SMS/telpon ke nomor telpon yang Anda berikan saat mendaftar. Masukkan nomor PIN dari Adsense, maka pembayaran pertama akan Anda terima begitu penghasilan Anda sudah mencapai USD 100 dolar. Setelah itu, PIN tidak lagi diperlukan.


CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE MELALUI PIHAK KETIGA (THIRD PARTY)

Kalau daftar membuat akun Google Adsense langsung selalu gagal, perlu juga mencoba membuat account Adsense dari pihak ketiga. Sisi negatif dari cara ini adalah penghasilan Anda dibagi 50:50 dengan pihak ketiga tersebut (kecuali blogger.com). Karena itu, cara ini hendaknya dipakai kalau lagi darurat saja.

Berikut situs-situs yang bisa jadi jembatan untuk membuat Adsense.

Syarat utama kalau membuat Adsense via pihak ketiga adalah Anda harus menulis atau mengupload tulisan di situs-situs tersebut.

1. blogger.com
2. Doscstoc.com
3. Bukisa.com
4. Weebly.com
5. Indyarocks.com
6. hubpages.com


CARA AMBIL KODE DAN MEMASANG ADSENSE DI BLOG/WEBSITE

Kalau anda diterima, maka anda perlu mengambil kode iklan untuk dipasang di situs/blog anda. Caranya sebagai berikut:

Adsense Unit:

Setelah masuk/login ke akun Adsense

1. Klik My Ads -> Content -> Ad units
2. Klik New ad unit
3. Pada "Name" beri nama (harus diisi). Contoh: sidebar
4. Pada "Ad size" -> pilih ukuran iklan yang dikehendaki.
5. Pada "Select ad style" -> pilih format warna yang Anda suka.
6. Klik Save and get code (paling bawah).
7. Copy kode dan masukkan ke blog Anda.

Adsense for Search:

Setelah masuk/login ke akun Adsense

1. Klik My ads -> Search -> Custom search engines
2. Klik New custom search engine
3. Pada "Name" beri nama (harus diisi). Contoh: alkhoirotnet
4. Pada "What to search" pilih Only sites I select
5. Pada "Specify a list of websites" -> masukkan blog/situs Anda (boleh lebih dari satu).
6. Pada "Keywords" -> masukkan kata kunci. Contoh, pes`ntren, santri.
7. Klik Save and get code (paling bawah)
8. Copy kodenya dan masukkan ke blog/situs Anda.


CARA KERJA GOOGLE ADSENSE

Google Adsense memakai sistem PPC (pay per click) atau [pemasang iklan] membayar setiap iklannya diklik. Jadi, ketika iklan yang ditaruh di blog si A di-klik oleh pengunjung, maka pemasang iklan (advertiser) harus membayar pada Google Adsense. Bayaran tadi oleh Google Adsense kemudian dibagi dua antara Google Adsense dan yang punya blog.

Ingat, tim Adsense dilengkapi dengan peralatan yang canggih yang dapat mendeteksi mana klik yang legal dan mana yang ilegal. Akun Adsense anda akan segera di tutup apabila ketahuan melakukan invalid clicks baik klik sendiri atau menyuruh orang lain.


GOOGLE ADSENSE BAHASA INDONESIA?

Sejak Februari 2012, Google Adsense sudah memasukkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang didukung Adsense. Artinya, blog berbahasa Indonesia dapat memasang Adsense tanpa rasa takut melanggar TOS (terms of services).

Kalau sudah punya akun adsense yang berbahasa Inggris, maka Anda harus membuat pilihan bahasa Indonesia di setelan admin Adsense untuk memasang kode Adsense di blog berbahasa Indonesia agar iklan yang keluar lebih relevan.


CARA BIKIN AKUN ADSENSE SETELAH DI BANNED
Banyak sebab mengapa Adsense kita kdna banned. Mayoritas karena melanggar TOS (term of service) berat atau ringan. Namun, kalau masih suka menjadi publisher Adsense dan ingin daftar lagi, ikuti trik berikut:

1. Gunakan nama dan email lain untuk mendaftar. Idealnya, nama istri, anak atau saudara. Karena nama publisher yang akun-nya sudah di banned tidak bisa mendaftar lagi menurut aturan yang resmi. Bisa saja ada yang bisa lolos, tapi kemungkinan kecil.

2. Gunakan blog/situs yang (a) sudah cukup lama; (b) banyak artikelnya; (c) mengandung bahasa pengantar yang disupport Adsense.

3. Gunakan alamat yang agak berbeda.
4. Gunakan IP internet yang berbeda.
5. Kalau memakai komputer yang sama, bersihkan cache browser anda agar tidak ada arsip bekas banned yang terdeteksi.


ADSENSE ALTERNATIVES CARI UANG SELAIN ADSENSE

Kalau anda membaca sub-judul ini, kemungkinan Adsense Anda kena banned. :) Tidak apa-apa, itu biasa. Masih ada alternatif lain selain Adsense. Kalau blog/situs Anda berbahasa Inggris, untuk PPC Anda dapat mencoba infolinks.com xang menempati ranking nomor dua setelah Adsense dalam menghasilkan dolar. Diikuti oleh Chitika.com dengan catatan trafik Anda mayoritas dari Amerika dan Kanada atau main afiliasi di Amazon.com. Kalau blog/situs Anda berbahasa Indonesia, maka kliksaya.com dan idblognetwork dan kumpulblogger.com bisa dicoba.


TIPS TRIK SUPAYA DI-APPROVED/DITERIMA DAFTAR ADSENSE
Umumnya daftar Adsense dapat diterima apabila (a) blog sudah lama (sekitar 6 bulan); (b) menulis artikel secara teratur; (c) bahasa artikel didukung Adsense. Tapi, kalau Anda punya blog yang baru, dapat diakali dengan trik berikut (pilih salah satu trik di bawah):

TRIK PERTAMA

1. Buat blog di salah satu partner Adsense di atas. Yang paling mudah, coba memakai blogger.com. Ingat, jangan memakai akun yang pdrnah dipakai untuk mendaftar dan ditolak.

2. Buat postingan mundur ke 6 bulan lalu. Setiap bulan ada 3 posting artikel.
Kalau sekarang bulan Desember 2011 berarti postingan dimulai bulan Juni 2011. Cara posting mundur di blogger.com mudah: setelah menulis posting (a) klik Post Options; (b) beri tanda tik pada Set date and time (c) Isi tahun/bulan/hari sesuai rencana.

3. Setiap bulan minimal ada tiga artikel. Berarti 3x6=18 posting/artikel.

4. Artikel harus pakai bahasa Inggris atau bahasa lain yang didukung Adsense.

5. Setelah itu cobalah daftar Adsense dengan memakai link Monetize di blogger.com.

CATATAN: Kalau pernah dibanned, usahakan ganti koneksi internt dan pakai KTP orang lain.

TRIK KEDUA

Saat daftar Adsense, daftaran blog/website berbahasa Inggris milik orang lain yang belum memakai Adsense.


TRIK PASANG ADSENSE DI TENGAH ARTIKEL POSTING BLOG DI BLOGGER

Sangat dianjurkan untuk mencoba trik ini di blog eksperimen agar kalau tidak berhasil tidak merusak blog utama Anda.

1. Login/masuk ke blogger.com -> Design/Rancangan -> beri tanda tik pada Expand Widgdt Templates.
2. Cari kode berikut: <data:post.body/>
3. Ganti dengan kode di bawah:
view plainprint?

   1. <div expr:id='"aim1" + data:post.id'></div> 
   2. <div style="clear:both; margin:10px 0"> 
   3.  
   4.     <!-- Kode AdSense di sini --> 
   5.  
   6. </div> 
   7. <div expr:id='"aim2" + data:post.id'> 
   8.     <data:post.body/> 
   9. </div> 
  10.  
  11. <script type="text/javascript"> 
  12. var obj0=document.getElementById("aim1<data:post.id/>"); 
  13. var obj1=document.getElementById("aim2<data:post.id/>"); 
  14. var s=obj1.innerHTML; 
  15. var t=s.substr(0,s.length/2); 
  16. var r=t.lastIndexOf(" "); 
  17. if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);} 
  18. </script> 

<div expr:id='"aim1" + data:post.id'></div>
<div style="clear:both; margin:10px 0">

    <!-- Kode AdSense di sini -->

</div>
<div expr:id='"aim2" + data:post.id'>
    <data:post.body/>
</div>

<script type="text/javascript">
var obj0=document.getElementById("aim1<data:post.id/>");
var obj1=document.getElementById("aim2<data:post.id/>");
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(" ");
if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}
</script>


5. Ganti tulisan <!-- Kode Adsense di sini --> dengan kode Adsense yang sudah di-konversi. Untuk mengkonversi, masukkan kode Adsense di sini!
6. Klik Save Template / Simpan Template.[4]

=========
CATATAN:

[1] Publisher dalam istilah bisnis online adalah blogger atau webmaster (orang yang punya blog atau website) yang bekerja sama dengan Google Adsense untuk memasang iklan di blog atau websitenya. Hasil iklan akan dibagi dua antara Google Adsense dan Blogger/Webmaster yang bersangkutan.

[3] Alamat email Tim Adsense: adsense-support[at]google.com
[4] Trik ini dibuat oleh adsinthemiddle.blogspot.com

sorce : http://www.alkhoirot.net/2011/11/daftar-google-adsense.html#1