Friday, August 31, 2012

Indonesia dalam Miniatur Nusantara

Dalam program PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di Undip khususnya Fakultas Ilmu Budaya salah satunya adalah Parade Seni Tradisional, acara ini adalah yang terakhir ditampilkan yaitu ada beberapa Permainan Tradisional, Tari Nusantara dari Sabang sampai Merauke, Penyajian Makanan Tradisional dan banyak lagi. Disini Saya akan bercerita tentang masa PDKT atau gampangannya Ospek yang berlangsung selama 1 minggu.

Pada hari pertama yaitu Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru di Stadion Undip, lalu 2 hari berikutnya adalah pengenalan kampus. Jadi kita dan teman-teman satu jurusan berada dalam 1 kelas lalu ada pembelajaran umum pleh para Dosen, seperti Pelanggaran Akademik, Hak dan Kewajiban Mahasiswa, dan lain-lain. Setelah itu ada kakak" dari berbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiwsa) mempromosikan UKM mereka. Gampangannya UKM itu seperti ekstrakulikuler.

Selanjutnya pada 3 hari terakhir acaranya adalah Pendidikan Karakter, acara ini sangat seru, banyak permainan, dan membutuhkan kerjasama Tim. Kita dari seluruh jurusan dalam satu fakultas dicampur jadi satu, kebetulan saat itu saya ada di lantai 3 dan dalam 1 kelas dibagi menjadi 12 kelompok lalu dalam 1 kelompok ada 9 orang. Jadi 9 orang tadi itu berbeda jurusan dengan kita dan kita dituntut untuk bekerja sama dan berpikir cepat.

Yang jelas dalam PMB Pendidikan Karakter kita bisa mendapat banyak teman, melatih kekompakan, lebih mencintai budaya kita sendiri dan memunculkan sosok pemimpin. Tapi pada hari terakhit Pendidikan Karakter hanya berlangsung setengah hari dan pada sore harinya diadakan acara Pertunjukan Seni Tradisional.

Dalam acara ini masing" jurusan menampilkan satu tarian Nusantara, pada saat itu kelas saya mendapat jatah Tari Saman dari Aceh. Jadi dari 9 jurusan ada 9 tarian, lalu sebelum para penari tampil yang teman yang lain menyerukan yel yel mereka untuk memberi mereka semangat. Dalam waktu yang sama, selain yang menyerukan yel yel ada juga yang ikut permainan tradisional, seperti Gerobak Sodor, Ular-ularan, dan banyak lagi.

Acara penutupannya diumumkan pemenang dari berbagai lomba di atas, lalu pengumuman dan himbauan yang disampaikan oleh para petinggi, kakak"BEM dan saat kita berkumpul membentuk crop circle pada saat-saat akhir kita disiram air sama kakak fasilitator. Jadi banyak juga yang samapai basah kuyup, tapi walaupun begitu acara ini tetap seru.

Demikian cerita saya tentang pengalaman ikut PMB di Undip.
Salam Budaya.!