Monday, August 15, 2016

Lemna Minor (Kayambang/ Mata Lele) - Pakan Alternatif

Lemna minor, atau dalam masyarakat menyebutnya 'mata lele', 'kayambang', 'kiambang', 'duckweed', adalah sejenis tanaman paku air dari famili Lemnaceae yang hidup di air tawar yang sering dijumpai di sawah. Bagi orang yang tidak tahu, tanaman ini tentu dianggap sangat mengganggu, tapi sebenarnya lemna minor ini memiliki kadar protein yang cukup untuk pakan alternatif unggas maupun ikan, seperti ikan nila dan gurami. Karena ukurannya yang kecil, lemna ini sangat cocok digunakan untuk pakan alternatif bibit ikan nila maupun gurami seukuran kuku jari hingga seukuran korek.




Lemna memiliki produkivitas yang tinggi, jadi pertumbuhannya sangat cepat, terutama di tempat yang kurang sinar matahari. Jadi lemna akan tumbuh subur di tempat yang dingin, namun pada musim kemarau populasinya dapat menurun, karena tumbuhan ini tidak tahan panas.

Berdasarkan hasil penelitian Cedergreen dan Madsen, lemna mampu menyerap NH4 dan NO3 melalui bagian akar dan daunnya. Tumbuhan ini efisien dalam penghapusan nitrogen, jadi sangat cocok untuk mengolah air limbah. Yang terpenting bagi para pembudidaya adalah kandungan protein yng tinggi, yaitu mencapai 10-43% dalam berat kering. Lemna yang ditanam di air kaya nutrisi akan memiliki kandungan mineral, kaium, fosfor, dan pigmen yang tinggi. Karena itu, lemna dapat dijadikan sebagai makanan bersuplemen penting bagi ikan.



Di Indonesia, lemna minor dapat dijumpai di sawah-sawah atau beberapa orang yang membudidayakan tanaman ini. Tanaman ini memiliki fungsi yang serupa dengan Azolla Mychrophylla yang juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif ternak, serta kandungan protein yang tinggi. Kelabihan lain dari makanan favorit nila ini adalah ketahanan hidup ikan yang baik serta daging ikan lebih banyak dan lebih kesat dengan lemak yang sedikit. Selain itu, ikan yang memakan lemna memiliki bau amis yang menurun.

Berikut video ikan nila makan lemna minor:





Bagi anda yang tertarik dengan lemna minor bisa klik disini
Follow instagram kami di azola_purwodadi

No comments:

Post a Comment