Thursday, June 8, 2017

Wolffia (Pakan Alternatif Alami dari Alam)

Wolffia (wolffia arihza) adalah tanaman paku air yang mengambang di permukaan air dan memiliki kandungan protein tinggi (setara dengan azolla dan lemna, tapi memiliki kadar serat yang rendah yang bisa dicerna oleh ikan dengan mudah). 40% bagian tubuh wolffia memiliki kandungan protein yang setara dengan kedelai. Hal tersebut membuat wolffia menjadi pakan yang paling efisien diantara tanaman pakan alternatif lainnya. Tumbuhan wolffia ini memiliki bentuk bulat tidak beraturan dengan diameter sekitar 1mm. Ukurannya yang sangat kecil ini cocok sekali untuk pakan bibit ikan pengganti cacing sutra. Selain itu, pertumbuhannya sangat cepat, hingga 100% dalam 36 jam. 

Pertumbuhannya yang cepat, kadar protein yang tinggi, serta kadar seratnya yang mudah dicerna ikan adalah kelebihan utama wolffia. Selain itu, diantara tanaman alternatif lainnya (azolla dan lemna minor), wolffia adalah pakan yang paling disukai ikan (percobaan kami pada ikan gurami dan nila). Sudah kami buktikan saat kami memberikan ketiga jenis tanaman bersamaan, wolffia adalah pakan yang paling cepat dihabisakan ikan, baik ikan ukuran bibit maupun ikan ukuran besar. 

Selain ikan, wolffia juga dapat dimaanfaatkan sabagai alternatif campuran ransum pakan bebek dan unggas lannya. Tentu tidak perlu dibahas, bahwa keberadaan wolffia sangat bermaanfaat dan menawarkan nilai untung yang menjanjikan.

Panduan cara tanam Wolffia:

1.  Siapkan kolam dengan kedalaman ± 0,5 meter.
2.  Berikan pupuk kompos/ kandang.
    Cara pemberian pupuk:
  - Masukkan pupuk kompos/ kandang kedalam karung.
  - Ikat rapat karung tersebut dan masukkan kedalam kolam
         (ditenggelamkan dengan pemberat).
  - Bila air sudah berubah warna berarti sudah cukup.
3.  Bila  kolam di tempat terbuka, sebaiknya dipasang paranet, karena wolffia tidak tahan panas yang berlebih.
4.  Tabur bibit wolffia merata di permukaan air.
5.   Tunggu selama beberapa hari, jika kolam wolffia sudah menebal berarti siap dipanen sebagian.
6.    Saat memanen, biarkan sebagian wolffia berkembang lagi dan dipanen saat sudah menebal lagi.
7.   Silahkan dicoba.




Bagi Anda yang tertarik untuk budidaya Wolffia bisa menghubungi kami via WhatsApp 085713357189 atau telp/sms ke 085325270439
  
See more at:
Facebook: Sumber Daya Samudra
YouTube: Sumber Daya Samudra
Instagram: azola_purwodadi