Sunday, September 9, 2018

Dari Grobogan ke Jakarta

Hai, kali ini mau share khususnya untuk kalian yang ada di Grobogan dan mau ke Jakarta tapi nggak tau apa transportasi yang tepat. Kebetulan aku dari Purwodadi, Grobogan dan dulu sempat bingung juga gimana cara ke Jakarta dengan mudah, aman dan tepat. Aku nulis ini sebagai referensi aja buat kalian yang mau ke Jakarta dan gak tau harus gimana.

Sebenarnya ada beberapa pilihan dari Grobogan, Jawa Tengah untuk bisa sampai ke Jakarta. Pilihannya antara lain transportasi darat dan udara. Lebih jelasnya aku jabarkan seperti berikut:

1. Pesawat

Opsi pertama untuk sampai ke Jakarta yang paling cepat adalah melalui transportasi udara. Tapi karena Grobogan adalah kota kecil yang belum memiliki bandara, maka kita harus pergi ke bandara terdekat terlebih dahulu. Opsi bandara adalah Bandara Achmad Yani yang ada di Semarang atau Bandara Adi Sucipto di Boyolali, Solo. Keduanya membutuhkan jarak tempuh sekitar dua jam dari Grobogan, jadi mau pilih bandara yang mana ya silahkan saja.

view dari pesawat
Kalau aku pribadi sempat ke Jakarta dua kali naik pesawat melalui bandara Achmad Yani, Semarang. Biaya yang diperlukan untuk sekali jalan antara 350 hingga 600 ribu di hari biasa, harga tergantung dari jam dan maskapai yang dipilih. Karena kemajuan teknologi, kalian bisa cari dan bandingkan mau naik pesawat apa dan jam berapa dari berbagai aplikasi yang menawarkan jasa transportasi.

Untuk bandara tujuan, di Jakarta ada dua pilihan yaitu Bandara Soekarno-Hatta yang terletak di Tangerang dan Bandara Halim yang terletak di Jakarta Timur. Kalau tujuan kalian adalah daerah Jakarta, saranku kalian pilih bandara Halim saja karena jaraknya yang lebih dekat dibandingkan dengan bandara Soetta. Karena situasi Jakarta yang sering dilanda kemacetan, kalian harus benar2 precise soal waktu tiba di bandara ya, soalnya aku pernah lari-lari di bandara Soetta takut telat gara-gara kejebak macet :v

Jadi total waktu yang dibutuhkan dari Grobogan untuk sampai ke Jakarta adalah sekitar 3 - 4 jam. Dua jam adalah waktu perjalanan dari Grobogan ke Semarang atau Solo, satu jam untuk perjalanan di pesawat dan anggap saja satu jam adalah waktu tunggu, check in dan lain-lain.

Setelah kalian tiba di bandara, kalian bisa menuju ke tempat yang dituju dengan opsi: taksi yang selalu standby dan tentu harga yang lumayan, transportasi online grab (sepertinya sudah kerjasama dengan pihak bandara, jadi udah boleh), kereta bandara (khusus Soetta) dan bus yang biasa masuk ke terminal bandara.

2. Kereta Api

Opsi kedua yang menjadi opsi favoritku adalah ke Jakarta by train. Ini menjadi pilihan yang oke karena mudahnya akses ke stasiun. Kebetulan di Grobogan kita memiliki Stasiun Ngrombo dengan transit salah satunya dari Surabaya hingga Jakarta. Kelebihan dari naik kereta adalah kita tidak perlu pergi ke Semarang, Solo atau kota terdekat lainnya untuk berangkat, kita cukup pergi ke Stasiun Ngrombo yang berlokasi di Depok, Kecamatan Toroh dan duduk manis dari stasiun Ngrombo hingga stasiun Pasar Senen.

suasana di dalam kereta

Kalau naik kereta biasanya takes about 150 rb hingga 500 ribu tergantung kelas tiket kereta. Waktu yang dibutuhkan dari Ngrombo ke Stasiun Pasar Senen adalah sekitar 8 jam. Dan aku selama ini selalu ke stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat karena memang cuman ini stasiun yang bisa sampai ke Ngrombo (setauku nggak ada stasiun lain yang sampe ke Ngrombo kecuali PSE hehhe)

Kalau kalian lihat di aplikasi penyedia jasa transportasi online, ada cukup banyak pilihan kereta dari Satasiun Ngrombo ke Stasiun Pasar Senen, mulai dari kelas ekonomi, bisnis hingga eksekutif. Selain itu, jam keberangkatan juga beragam jadi bisa kalian sesuaikan kira-kira kalian ingin sampai ke Jakarta pada jam berapa. Pada awal-awal aku naik kereta aku selalu pilih kereta yang sampai di PSE jam siang, karena takut kalo sampe Jakarta malam atau pagi dini hari.

Tapi setelah beberapa kali naik kereta di jam yang berbeda-beda, tidak masalah apabila kita sampai di PSE pagi hari, karena disana ada banyak transportasi yang bisa bantuin kita untuk sampai tempat tujuan. Berdasarkan pengalamanku yang sampai PSE jam 4 pagi, aku bisa menikmati transportasi online Grab tanpa ada kendala atau kesulitan. Tapi memang aku disuruh keluar stasiun, karena transportasi online gak boleh masuk ke tempat penjemputan katanya. Tapi ya gak masalah juga sih keluar stasiun tapi langsung bisa diantar ke tempat tujuan. Case berikutnya adalah aku sampe stasiun PSE jam 2 pagi, nah yang ini aku agak kesulitan nyari transportasi online, walaupun banyak orang yang menawrkan berbagai macam transportasi, aku memilih keluar dari keramaian dan memesan grab car, tapi tak ada yang menerima pesanan hingga sekitar 15 menit awal, tapi gak perlu khawatir gaes, karena kita bisa naik taksi yang kebetulan ada banyak yang mangkal disana, tapi tetap pilih dengan hati-hati ya, jangan sampe kalian kena tipu dan dimahalin sama sopirnya.

3. Bus / Mobil

Khusus untuk transportasi ini aku gak bisa ngasih tulisan apapun karena memang belum punya pengalaman pergi ke Jakarta dari Grobogan naik bus atau mobil, meskipun ada website penedia jasa travel atau bus eksklusif untuk ini. Lebih karena aku orangnya gampang mabok kalo naik transportasi ini, jadi ya kalo bisa gak usah naik bus/ mobil untuk perjalanan jauh hehe.

Kalau yang aku pernah denger itu butuh waktu 10 - 12 jam dari Grobogan ke Jakarta. Dia membutuhkan waktu paling lama karena memang ada banyak halangan dan ringtangan sepanjang jalan, seperti lampu merah, macet, dll, jadi wajar sih kalo bus/mobil butuh waktu paling lama.

So that's all my writing about transportation from Grobogan, Central Java to the capital city, Jakarta. Hope it gives you useful insight, thank you.